Kuliah SEJARAH?!

Bismillahirrahmaanirrahiim
J

Friday, December 23

Sekitar jam 20.00 WIB tadi sampe rumah – setelah left 25 Juli kemaren, ya itung aja berapa lama hehe. Ceritanya libur semesteran nih hehe lagi. IP pertama pakabarr?:’) gue ga berharap banyak sih soalnya ...

Jadi ini malem pertama di Serang, di rumah, di kamar yang ternyata ga diberesin menyambut kedatangan gue – hm awas lu nis. Oya statusku sekarang mahasiswa semester satu Jurusan Ilmu Sejarah – S1 Reguler di Departemen Sejarah Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UGM yeah.haha. tahun lalu alhamdulillah masih rajin ke sekolah di warjok tuh, eMAN 2 Kota Serang. Dulu tuh jurusan IPA tapi hm agak sulit dijelasin pokoknya interested nya ke jurusan jurusan soshum. ‘Kok jauh banget, sar, IPA ke Sejarah?’, ‘suka sejarah tah sar?’, ‘pengen jadi guru sejarah ya sar?’, kalo ditanya gitu gue nyengir aja hehe :D

Sebenernya di post ini gue pengen sharing tentang ya jurusan Ilmu Sejarah yang orang-orang selalu memandang sebelah mata, gimana sih,wink gitu tah?wkwk.

Mulanya, tertarik ke Ilmu Sejarah tuh baru pas kelas 3 (telat bgt ga sih:’)), pertengahan semester awal, barengan sama Sastra, Psikologi, Sosiologi, Ilmu Perpustakaan, Arkeologi, Antropologi, yang mana semuanya soshum:’). Terus bulan Desember tahun lalu nginep di rumah Bi Sari (adik Ibu), dan diceritain tentang Om Yanuar yang dulunya lulusan Ilmu Sejarah Unpad, terus lanjut ke Universiteit Leiden (kebetulan pas itu Om lagi diundang jadi dosen tamu di Inggris). Emang karena Om nya pinter, terus dasar memen juga hehe, lalu makin kepincut lah sama Ilmu Sejarah sepulang nginep itu. Di rumah bikin list jurusan di atas, beserta passing grade nya di ptn bergengsi (masih cupu bgt deh, terlalu terbawa romantika universitas hehe) search di g**gle. Nah sampe akhirnya ngincer berat Ilmu Sejarah UI, Ilmu Sejarah UGM dan Ilmu Sejarah Unpad.

‘Oh suka pelajaran sejarah ya?’
Hm gimana ya jawabnya. Sebenernya nih bener-bener sebenernya, waktu SMP (dulu di pondok di daerah Bangkong (bukan Bangkok ea), Mandalawangi, Pandeglang) gurunya selalu ngebosenin, ga seru, bikin ngantuk, jadi gapernah merhatiin kalo pas lagi pelajarannya hehe. Pas uas ya tinggal pelajarin soal taun lalu dan 90% sama persis huehehe,selamat dah kan tuh. Nah sikap abai terhadap pelajaran sejarah itu berlanjut sampe SMA (hm MAN sih, ya sama ajalah). Gurunya asik kok, Cuma namanya udah terlanjur cuek dan naruh banyak perhatian pas pelajaran, jadi selalu ketinggalan materi dan ujung-ujungnya minjem catetan temen buat di photocopy mendekati uas hehe, dan tidak lupa pelajari soal-soal tahun lalu, yang mana mujarab 60% nya lah hehe lagi. Setidaknya nilai gue masih-batas-wajar UH!

Dan baru kelas 3 semester dua itu gue merhatiin pelajaran sejarah, yang gurunya ga ganti dari kelas 1 itu hehe, tetep lopyu lah buu:* apa abis itu nilai pelajaran sejarah gue naik, jadi bagus gitu? Hm ga juga hehe, soallnya males banget gue ngejar ketertinggalan dari kelas 1 itu, dan ga gampang rasanya ngapalin tanggal-bulan-tahun-tokoh-tempat-kejadian dalam satu peristiwa, dari total 3 buku:’) mending ngapalin surat juz ‘amma deh huhu. Jadi ya nilai uas tetep seadanya yang penting masih-batas-wajar lah.


‘Lah terus kenapa milih tetep milih Sejarah padahal gaada passion di situ (dan cuma pengen jadi kayak Om), padahal nanti kan lebih banyak ngapalnya?’

Menurut post para sunbae di Ilmu Sejarah yang pernah gue baca di blog-nya, mereka ga menghapal samsek. Karena belajarnya ya keseluruhan, banyak aspek yang dilihat, baik dari segi sosial, budaya, politik, maritim, ekonomi dan lainnya. Menurut gue Ilmu Sejarah ini luas banget, yang sampe sekarang gue masih bingung saking luasnya.


‘Ilmu Sejarah mau jadi apa nanti, sar?’, ‘Oh terus nanti jadi guru dong, sar!’

Tolong bedakan Ilmu Sejarah dengan Pendidikan Sejarah. Kalo Ilmu Sejarah difokuskan untuk jadi peneliti, yang nantinya menghasilkan sejarah dalam bentuk tulisan (walaupun siapa aja bisa jadi sejarawan, tapi di dunia akademik ini ada metodenya, ga sembarangan), bisa juga jadi dosen sejarah lagi, jauh-jauh banyak yang kerja di bank katanya. Sedangkan Pendidikan Sejarah itu mencetak tenaga pendidik untuk mata pelajaran sejarah di sekolah-sekolah. Setauku (pernah membandingkan mata kuliah dengan sunbae pendidikan Sejarah Univ Negeri Padang) belajar nya ga beda jauh, Cuma ya itu, kalo pendidikan Sejarah emang fokusnya untuk bisa ngajar, kalo Ilmu Sejarah fokusnya jadi peneliti sejarah.


‘Oh ada ya, sar, jurusan Ilmu Sejarah! Baru tau deh’


Hm.




gue kasih sedikit spoiler yak haha

ini buku minjem dari perpus pusat 

ini buku punya kaing hehe

sedikit suasana kelas
suatu hari pas diskusi buku Serdadu Belandan di Hindia Belanda karya Geert Oostindie

matkul PIS nobar Oeroeg kalo gasalah

Comments